6 Cara Pemimpin Atasi Konflik Antar Karyawan

Ujung dari negosiasi adalah adanya kesepakatan yang diambil oleh kedua belah pihak, meskipun kesepakatan itu misalnya kedua belah pihak sepakat untuk tidak sepakat. Nah itu tadi beberapa suggestions agar kamu dapat berdebat secara sehat, debat yang mengarah pada diskusi. Semoga dengan ini kamu jadi sadar jika tidak semua perdebatan harus berakhir dengan konflik. Photo by Mark Paton on UnsplashPercayalah, kamu tentu akan merasa jengkel jika lawan bicaramu tidak mendengar atau memahami apa yang kamu bicarakan. Jadi untuk menghormati satu sama lain, jadilah pendengar yang baik.

Mencegah konflik dengan partner bisnis

Ketika kita diminta untuk menyampaikan pemikiran itu, nada suara kita akan berubah dan terdengar lebih arogan. Meskipun ada perselisihan, dirimu harus fokus pada kualitas positif orang lain. Pastikan untuk menilai tindakanmu sendiri untuk melihat apakah ada sesuatu yang dapat dirimu lakukan dengan cara yang benar. Dirimu seharusnya tidak hanya mengharapkan orang lain untuk menebus kesalahan. Terkadang, situasinya menjadi tidak terkendali, bahkan setelah dirimu melakukan upaya terbaik.

VC dilengkapi dengan administrasi, kreatif dan teknikal skill serta pelayanan yang dapat membantu entrepreneurs dan professionals lebih mudah mengatur bisnis yang akan dijalankan. Untuk mengelola worth chain di tengah dinamika iklim bisnis menuntut perusahaan memiliki infrastruktur TI yang fleksibel, mudah disesuaikan dengan perubahan. [newline]Fleksibilitas itu bisa dicapai jika infrastruktur TI dirancang dengan mengedepankan pada fungsinya sebagai layanan yang membantu berjalannya proses bisnis. Sebuah value chain tercipta dengan mempererat interaksi semua pihak yang terlibat dalam rangkaian proses bisnis tersebut, sehingga bisa berjalan efektif. Mereka itu adalah jaringan mitra yang termasuk pemasok, sub-kontraktor, distributor bahkan pelanggan. Dengan demikian, tolok ukur keberhasilan sistem enterprise assets planning pun bergeser, tidak cukup hanya menyempurnakan sistem pasokan, proses produksi, finansial atau SDM.

Seperti yang akan dikatakan oleh seorang pelaku bisnis, memulai bisnis membutuhkan komitmen finansial dan pribadi yang besar. Sebagai pemilik tunggal, hanya Anda sendiri yang bertanggung jawab atas keberhasilan bisnis tersebut. Serupa dengan kemitraan terbatas, namun mungkin ada beberapa mitra umum. Memulai sebuah bisnis dengan orang-orang yang sudah dikenal dan dipercaya memang bisa membantu Anda untuk merasa lebih tenang dan percaya diri dalam memulai bisnis Anda. Rujuk dan Persuasi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan agar pihak yang tengah berkonflik menyelesaikan masalah dan melanjutkan kerjasama bsinsis. Konflik inner dalam berbisnis bisa terjadi dari hal yang sepele dan kapan saja.

Selain itu juga perlu mengumpulkan segala umpan balik dari semua pihak yang mungkin akan terkena dampak dari solusi alternatif tersebut. Jangan lupa, untuk mencari persetujuan atau konsensus dari semua pihak yang terkena dampaknya. Terakhir, Anda perlu terus mengevaluasi hasil jangka panjang berdasarkan solusi akhir yang telah dipilih secara bersama-sama.

Langkah ini lebih baik dibanding merespon masalah dengan serangan verbal atau emosi yang meluap-luap. Mereka memiliki proses dan dokumentasi yang jelas atas siapa yang akan terlibat dalam keputusan dan kapasitas apa sebelum keputusan perlu dibuat. Mendefinisikan peran dan tanggung jawab adalah kunci keberhasilan bisnis apa pun. Kemitraan yang baik membagi tugas dengan jelas, bagaimana keberhasilan di setiap peran akan diukur, dan bagaimana saling bertanggung jawab untuk menyampaikan hasil yang diharapkan. Cobalah untuk benar-benar memahami sudut pandang mereka sebelum memberikan pendapat Anda. Seringkali segala sesuatunya tampak berbeda dari yang sebenarnya.

Hadapi konflik dari berbagai sudut dengan mengetahui apa penyebab, kapan hingga bagaimana konflik tersebut muncul. Di lain sisi, bila Anda adalah pusat konflik, janganlah berdiam diri, lakukan apa yang harus dilakukan. Cara yang paling efektif menyelesaikan konflik adalah dengan menghadapinya sedini mungkin sebelum konflik tersebut berkembang. Konflik di tempat kerja berkembang akibat tidak ada yang melakukan apa-apa. Sebagai contoh, konflik yang dikarenakan isu fitnah; rumor terus berkembang dari mulut ke mulut hingga ke divisi dan departemen lain yang mengakibatkan konflik menjadi terlalu besar untuk dihadapi. Konflik tidak bisa dipisahkan dari kehidupan bisnis apalagi jika Anda bersama mitra bisnis baik dari mereka yang baru memulai bisnis dengan pinjaman modal atau mereka yang sudah lama di dunia bisnis.

HRD harus menentukan bagaimana cara untuk memilih individu yang kompeten untuk mengisi posisi tertentu sesuai kualifikasi yang dibutuhkan. Proses rekrutmen dan manajemen sumber daya manusia sangat berpengaruh dalam hal ini. Jika sudah terlanjur, komunikasi antara manajer, karyawan, dan HRD tentang bagaimana cara menengahi dan berkompromi dengan gaya kepemimpinan mana yang sebaiknya digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *