Jusuf Kalla Sebut Dunia Usaha Harus Mengikuti Zaman

Sebagai proses sosial dalam komunikasi terjadi interaksi individu dengan lingkungannya. Inilah yang akhirnya menyebabkan terjadinya proses perubahan prilaku dari tidak tahu menjadi tahu dari tidak paham menjadi paham. Didalam UU No. 20 Tahun 2003tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab II Pasal 3 Deposit Emoney disampaikan tujuan pendidikan nasional.

Seorang pelaku usaha yang baik harus mengikuti perkembangan informasi yang terjadi. Dalam hal ini, ia harus peka akan perkembangan teknologi serta tren yang ada. Hal ini berpengaruh terhadap inovasi sebuah produk yang membuat perusahaan lebih cepat dikenal. Memasarkan produk dan jasa secara digital akan membantu menjadikan bisnis lebih kompetitif. Sebab fleksibel dan selalu mengikuti perkembangan zaman, sehingga eksistensinya lebih terjamin. Membicarakan strategi pemasaran, terlihat sederhana, namun ternyata jika tidak tepat memilih strategi pada saat ini, maka akan tertinggal dengan para pembisnis dn penjual yang lainnya.

Oleh karena itu Digantara mengingatkan bahwa kemampuan manusia harus tetap ditingkatkan supaya bisa memanfaatkan kemajuan teknologi dengan baik serta tepat. “Kadang-kadang kita perlu bertanya, apakah talent yang kita miliki sudah cukup untuk menghadapi era Revolusi Industri four.0 atau skill yang kita miliki masih tertinggal. [newline]Cari hal-hal yang bisa membantu kita memahami semua perubahan-perubahan dahsyat di bidang teknolgi digital, karena apabila kita mampu mencari dengan tepat pasti tidak akan tenggelam,” ungkapnya. Saat ini orang sulit memiliki waktu untuk mengurus hal-hal yang berkaitan dengan rumah tangga, salah satunya adalah mencuci pakaian.

“Orang tidak bisa berdagang sendiri dan bisnis tidak kenal ethical dan agama. Toko Muhammadiyah belum tentu akan laku, kalau tidak bisa mengikuti tuntutan masyarakat yang selalu mencari produk murah, berkualitas dan cepat pelayanannya”, ungkap JK. Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla saat membuka Pertemuan Jaringan Saudagar PP Muhammadiyah mengingatkan, dunia usaha harus bisa mengikuti zaman dan kewirausahaan itu merupakan amanah. Dalam menjalankannya, harus selalu memikirkan keseimbangan amal sosial dan amal usaha.

Berikut efek-efek yang bisa dirasakan UMKM dengan menerapkan teknologi pada usaha mereka. Kemampuan berbahasa asing tidak bisa lagi dipandang sebagai hal sekunder, tetapi sudah menjadi kebutuhan semua orang di zaman sekarang. Agar tak ketinggalan, pastikan Anda mampu menguasai setidaknya satu bahasa asing. Untuk melakukannya, Anda bisa mengikuti kursus luring atau daring, serta program pelatihan bahasa asing yang kini sudah menjamur di mana-mana. Beberapa jenis gentle ability yang paling bermanfaat di dunia kerja adalah kemampuan pengaturan waktu , kemampuan beradaptasi dalam sebuah tim, kemampuan untuk memecahkan masalah, dan kemampuan untuk berpikir kreatif.

Konsultan Gue sebagai konsultan legal bisnis, siap sedia setiap saat untuk membantu Anda mendirikan usaha. Anda harus memperhatikan perkembangan teknologi yang dapat mendukung jalannya bisnis Anda. Sarana dan prasarana produksi memiliki peran yang sangat besar untuk mendukung peningkatan kualitas produk.

Bisnis yang mengikuti zaman

Cara ini sangat lumrah dilakukan karena sosial media sangat efektif untuk memasarkan produk, sebab media sosial bisa digunakan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun. Saat ini hampir seluruh lapisan masyarakat mempunyai akun media sosial baik itu Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya. Anda telah memahami kaidah bisnis syariah, kini saatnya Anda mulai memilih jenis usaha apa yang dapat Anda lakukan sesuai dengan prinsip syariah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *