Perusahaan Bangkrut Bisa Dihindari Dengan 6 Solusi Ini

Selain 2 faktor tersebut, kondisi keuangan usaha juga penting untuk dipertimbangkan. Untuk itu, miliki pembukuan yang baik dalam mendokumentasikan arus kas, laporan penjualan, laba-rugi, dll. Untuk memudahkan Anda dalam mengelola keuangan bisnis, sebaiknya Anda gunakan softwareInterActive MyAccounting. Sehingga Anda tak perlu kerepotan menyusun laporan keuangan usaha, karena semuanya bisa dilakukan secara otomatis. Hal ini terjadi karena kurang mengenalnya fungsi manajemen keuangan dalam sebuah perusahaan.

Kebangkrutan merupakan salah satu risiko yang dihadapi oleh semua perusahaan. Efek dari perusahaan bangkrut, bukan hanya berpengaruh pada pemiliknya, tapi juga bisa membuat banyak karyawan kehilangan pekerjaan. Untuk itulah pemilik perusahaan harus mengetahui cara mencegah agar perusahaannya tidak bangkrut. Sebab belum ada informasi pasti mengenai kapan pembatasan pengiriman barang dari luar negeri akan berakhir. Untuk itu, tidak ada salahnya mencari provider terpercaya agar bisnis tetap bertahan saat wabah corona. Anda bisa menginfokan soal kebijakan service provider terkait virus corona, menginfokan soal promo, atau mengajak pelanggan supaya memesan makanan dan minuman lewat GoFood dan GrabFood, dibandingkan dine in.

Rekrut rekan bisnis yang memiliki angle dan skill terbaik untuk mendukung jalannya bisnis. Anda harus bisa menjelaskan kepada mereka bagaimana bisnis yang sedang dibangun. Jika lebih baik menabung terlebih dahulu, tentunya akan lebih baik.

Usaha yang bisa dibuat untuk mencegah kebangkrutan

Misalnya, anda membuat peringkat untuk masing-masing risiko, mulai dari yang paling besar sampai yang paling kecil. Kemudian, anda memetakan seberapa besar peluang masing-masing risiko terjadi dan membuat peringkat terkait. Bahkan Tokopedia mempunyai dua jenis fitur investasi di dalam “toko”-nya yakni reksadana dan nabung emas. Dengan banyak fitur yang ditawarkan dan kemudahan yang diperoleh penggunanya membuat Tokopedia mempunyai valuasi dengan nilai yang fantastis yakni mencapai a hundred triliun rupiah. Menurutnya, hal tersebut harus dilakukan dari dua arah, yakni dari sisi pembebanan biaya-biaya usaha khususnya mounted costseperti beban listrik, biaya tenaga kerja non-gaji, beban pajak, dan lain-lain.

Dimana cash circulate menjadi suatu hal yang tidak disadari, bahkan kebanyakan pelaku bisnis cenderung memperhatikan profit daripada cash move. Selain itu, faktor lainnya yang memicu bisnis bangkrut adalah bisnis tersenut mengalami kehabisan modal. Sehingga para pelaku bisnis perlu mempelajari dengan baik bagaimana sistem keuangan perusahaan untuk memperbaiki kondisi bisnis kedepannya.

Tidak kalah dengan proses mengelola keuangan yang dapat memicu kebangkrutan, hutang juga mengambil peran tersendiri yang menjadi sebab bisnis yang bangkrut. Kebanyakan bisnis menjadi kacau karena terlilit hutang yang cukup besar, mengingat tidak sedikit para pelaku bisnis yang mendirikan bisnisnya dari modal pinjaman atau hutang. Untuk itu, ada baiknya pelaku bisnis untuk melakukan konsolidasi hutang yakni dengan melakukan negosiasi dalam proses pembayaran hutang dengan jumlah uang yang dimiliki. Tentu hal tersebut sangat membantu meringankan beban dalam membangkitkan bisnis yang terpuruk. Salah satu faktor yang banyak terjadi karena pada bisnis bangkrut adalah tidak dapat mengelola keuangan dengan baik.

Tidak sedikit pula yang optimis akan bangkit setelah diberlakukan New Normal. Karena itu, Anda perlu melakukan perencanaan kas yang baik dan efektif. Sebab, aktivitas bisnis sehari-hari Anda pasti selalu membutuhkan biaya yang harus dibayarkan dengan kas, seperti biaya sewa, listrik, perlengkapan, hingga membayar hutang. Dengan begitu, jangan sembarangan menjual produk barang maupun jasa secara kredit, tapi lakukan dengan syarat dan tanggal jatuh tempo pembayaran yang jelas demi menjaga ketersediaan kas untuk kebutuhan bisnis Anda. Bagi Anda yang memiliki dan menjalankan usaha kecil, pengelolaan atau manajemen keuangan yang baik justru makin penting untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.

Anda bisa mendapatkan materi soal bisnis dari weblog, e-book, media sosial, video, webinar, hingga podcast. Namun, ada hal penting yang perlu diingat oleh para pemilik bisnis ketika menggunakan cellular payment, yakni pilihlah alat atau aplikasi yang mampu menerima semua jenis pembayaran. Lebih lanjut, Syarif Hidayat juga mengatakan bahwa bisnis kos eksklusif memiliki masa depan cerah, sebab permintaan pasar juga semakin meningkat. Tingginya kebutuhan karyawan akan tempat kos aman dan nyaman, sehingga bisnis kos eksklusif tidak begitu merasakan dampak pandemi.

Penyebab paling umum yang bisa mengakibatkan perusahaan bangkrut adalah keadaan ekonomi yang tidak baik secara global. Komunikasi yang Anda bangun dengan konsumen bukan hanya sekadar untuk memastikan mereka puas dengan layanan yang diberikan. Ada banyak sekali strategi yang bisa disusun dengan membaca pergerakan pasar termasuk para kompetitor. Ketidakmampuan perusahaan mengikuti transformasi era digital yang semakin menggurita memaksa Kodak harus gulung tikar. Dari kasus Kodak kita juga bisa belajar bahwa fleksibilitas dan kepekaan juga merupakan kunci yang penting untuk sebuah bisnis agar bisa bertahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *